19 November 2011

'Garuda Muda' Fokus Hadapi 'Harimau Malaya'

Kemenangan atas Vietnam bukanlah akhir sebuah pencapaian. Masih ada laga puncak menghadapi Malaysia. Skuad Indonesia pun sepakat untuk memaku fokus pada laga tersebut.

Pertandingan melawan Malaysia sesungguhnya tidak bisa dibilang biasa-biasa saja. Waktu untuk memulihkan tenaga yang hanya satu hari menjadi pekerjaan rumah untuk Rahmad Darmawan. Apalagi sang pelatih mengakui bahwa Vietnam banyak menguras tenaga timnya.

Setelah laga, pria yang pernah menukangi Persija Jakarta itu berucap bahwa tugasnya kini adalah memastikan supaya para pemain bisa beristirahat dengan baik. Ia juga meminta Titus Bonai dkk. untuk mengatur pola makannya.

"Saya meminta pertandingan hari ini dilupakan. Lupakan, lupakan, dan lupakan. Besok kita akan memulai proses recovery. Kita akan beristirahat dengan benar dan makan makanan dengan benar," tegasnya.

Di sisi lain, Tibo sendiri belum mau bicara soal kemenangan. Sikap menjejak bumi itu masih dijaganya, sesuai dengan instruksi si pelatih yang meminta untuk tak langsung jemawa karena belum ada apa pun yang dimenangi.

"Aku tidak ingin mendahului Tuhan. Namun, aku percaya Tuhan akan memberikan kekuatan kepada kita. Jujur kami capek sekali. Mudah-mudahan kami bisa lebih bugar besok," ucap Tibo kepada wartawan di mixed zone Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (21/11/2011).

Indonesia sebelumnya dibuat bertekuk lutut oleh 'Harimau Malaya' di fase grup. Keputusan RD untuk merotasi para tim cukup membuat tim keteteran dan akhirnya lengah. Malaysia pun sukses menciptakan satu gol di babak pertama dan akhirnya gagal dikejar sampai akhir laga.

Namun, RD menyebut bahwa rotasi bukanlah hal yang tabu lantaran dirinya menilai bahwa para pemain di skuadnya punya kualitas setara. Bahkan ia mengakui, ia bisa saja melakukan rotasi kala menghadapi Vietnam semalam. Penyebabnya, ada beberapa pemain seperti Ferdinand Sinaga yang ternyata kurang fit.

"Tadinya saya mau memasang Yericho (Christiantoko) di kiri dan Diego (Michiels) sebagai gelandang, karena Diego aslinya memang gelandang," tukasnya.

Malaysia sendiri tak bisa dipandang enteng. RD menyebut bahwa ada beberapa nama di tim lawan yang sudah ia pantau dan harus dimatikan.

"Malaysia main sedikit kesulitan melawan Myanmar yang terus bertahan dan bertahan. Sebenarnya, saya sendiri lebih suka menghadapi tim seperti Vietnam ini ketimbang Myanmar."

"Ada beberapa pemain kunci mereka yang harus kita perhatikan. Sama seperti beberapa pemain Vietnam yang juga kami perhatikan," tandas RD.


sumber:http://www.olahraga.com/sepakbola/liga-indonesia/28203-garuda-muda-fokus-hadapi-harimau-malaya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar