9 November 2011

Sports Direct Arena, Nama Baru Kandang Newcastle

Newcastle United menanggalkan St James' Park sebagai nama stadion kandang mereka. Mulai kini, salah satu stadion paling bersejarah di Inggris tersebut dinamai Sports Direct Arena.

Seperti halnya Arsenal yang menamai kandangnya dengan Emirates Stadium dan Manchester City dengan Ettihad Stadium-nya, perubahan nama yang dilakukan manajemen Newcastle dilakukan karena alasan finansial. Sport Direct merupakan perusahaan kepunyaan Mike Ashley, owner klub berjuluk The Magpies tersebut.

Pihak manajemen beralasan kalau perubahan nama tersebut menunjukkan kalau Newcastle terbuka untuk pihak sponsor yang ingin menanamkan modalnya di klub. Newcastle kini masih mencari sponsor yang mau berinvestasi jangka panjang pada nama stadion mereka.

"Rebranding terhadap stadion merupakan cara yang ampuh untuk menambah pemasukan secara signifikan," tegas Direktur Pelaksana Newcastle, Derek Llambias seperti diberitakan BBC.

"Roman Abramovich punya uang lebih banyak dari Tuhan tapi Chelsea tetap berencana menjual nama Stamford Bridge untuk mendapat uang lebih banyak lagi. Jadi jika itu bagus untuk Chelsea, maka itu akan bagus juga buat Newcastle United. Kami memulainya tahun ini dan kami ingin itu terus berlanjut," lanjut Llambias.

Newcastle saat ini duduk di posisi tiga klasemen dengan hanya terpaut enam angka dari Manchester City di posisi teratas. Bersama The Citizens, skuad besutan Alan Pardew hingga kini belum menelan kekalahan.

Dan uang yang didapat dari penamaan ulang stadion tersebut diharapkan akan membuat The Toon Army bisa mempersenjatai timnya dengan pemain-pemain berkualitas demi bisa bersaing dengan MU dan City serta Chlesea.

"Untuk bisa bersaing dengan MU, City dan Chelsea kami harus memastikan kami membawa setiap penny yang bisa kami dapat karena sepakbola sangat mahal. Fans mungkin akan mengkritik, tapi mereka adalah fans yang sama yang menginginkan kami membeli lebih banyak pemain dan membelanjakan lebih banyak uang," tuntas Llambias.

St James Park merupakan salah satu stadion paling bersejarah di Inggris. Memiliki kapasitas 52.409 penonton, stadion ini mulai beroperasi sejak 1892. Stadion ini juga menjadi salah satu venue saat Inggris menggelar Piala Eropa 1996.

Pengubahan nama tersebut diyakini akan mengundang protes dari fans Newcastle. Beberapa fans menyebut nama stadion punya nilai historis terlalu tinggi untuk 'dijual' dan diganti namanya, apalagi klub-klub dengan stadion bersejarah lainnya seperti MU (Old Trafford), Liverpool (Anfield) dan Tottenham Hotspur (White Hart Lane) hingga kini masih mempertahankan nama asli kandang mereka.


sumber:http://www.olahraga.com/sepakbola/liga-inggris/28019-sports-direct-arena-nama-baru-kandang-newcastle.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar