10 November 2011

Guardiola: Mourinho Mungkin Pelatih Terbaik

Panasnya rivalitas Barcelona dengan Real Madrid tak membuat Josep Guardiola hilang rasa hormat buat Jose Mourinho. Pep malah menyebut pria asal Portugal itu sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini.

Guardiola dan Mourinho sudah terlibat dalam beberapa perseteruan panas dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan sebelum Mourinho melatih El Real, pertemuan keduanya kerap memunculkan komentar-komentar pedas di media.

Namun semua kondisi tersebut tak lantas membuat Pep kehilangan hormat pada eks pelatih FC Porto dan Chelsea itu. Dengan apa yang sudah diraihnya, Mourinho disebut sebagai salah satu pelatih terbaik, dan bahkan mungkin yang terbaik, yang ada saat ini.

Demikian diungkapkan Guardiola saat ditanya soal keharusan seorang pelatih lebih dulu menjadi pemain untuk bisa menjadi pembesut berkelas.

"Untuk menjadi pelatih yang hebat tak perlu punya pengalaman sebagai pemain bola. Arrigo Sacchi mengubah olahraga ini tanpa pernah bermain, dan Jose Mourinho mungkin adalah pelatih terbaik di dunia," sahut Guardiola seperti diberitakan Marca.

Pelatih yang memiliki dasar sebagai pemain bola, seperti dirinya, disebut Guardiola akan punya beberapa keuntungan dibanding yang bukan pemain. Namun itu bukan hal utama yang wajib dimiliki.

"Pernah berada di ruang ganti memberi Anda beberapa keuntungan dalam menghadapi situasi tertentu, tapi tidak pernah berada di dalamnya juga memberi Anda keuntungan yang lain."

"Inilah hidup. Sebagai pemain saya tidak memiliki keunggulan fisik yang mencolok, tapi saya bisa melewatinya. Saya mengembangkan bakat dan kecerdasan yang berbeda," tuntas Guardiola.


sumber:http://www.olahraga.com/sepakbola/liga-spanyol/28043-guardiola-mourinho-mungkin-pelatih-terbaik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar