23 Agustus 2011

Chelsie Monica Juara di Rusia

Pecatur Pelatnas SEA Games 2011, MIW Chelsie Monica Sihite, menjuarai kelompok putri Turnamen Catur Piala Gubernur Chelyabinsk yang berakhir Senin (22/8/11) di Satka City, Chelyabinks, Rusia. Chelsie memimpin dengan mengumpulkan 5,5 angka.

Pada babak kesembilan, Chelsie bermain remis lawan pecatur Rusia Evgeny Ermolaev sehingga menambah setengah angka menjadi 5,5 angka. Saingan terdekatnya Maria Nevioselaya dari Belarusia juga bermain remis lawan pecatur putri Pelatnas SEA Games lainnya, MFW Medina Warda Aulia.

Hasil tersebut membuat Nevioselaya sama membukukan 5,5 angka tetapi kalah dalam nilai tie-break yang menggunakan sistem Solkoff. Chelsie membukukan Solkoff 43, sedangkan Nevioselaya 39,5, demikian siaran pers PB Percasi, Senin.

Medina yang tidak berhasil menciptakan kemenangan pada babak terakhir tersebut harus puas di peringkat tiga dengan 5 angka. Jumlah angka yang diraih Medina juga sama dengan angka yang direbut pecatur putri Belarusia lainnya, Katsiaryna Beinenson, tapi Medina unggul Solkoff karena membukukan 46,5 angka sedangkan Katsiaryna 43,5 angka.

Pecatur junior Indonesia lainnya yang juga mencetak prestasi adalah Ivan Maximillian Pasaribu, yang baru berusia 10 tahun dan turun di turnamen kelompok B. Ivan keluar sebagai juara di Kelompok Umur 12 tahun dengan membukukan 6,5 angka.

Secara beregu tim Indonesia 1 yang terdiri dari Chelsie (5,5 poin), Medina (5 poin), Sean Winshand Cuhendi (6 poin) dan Azarya Jodi Setyaki (4,5 poin) berada di peringkat enam dengan total 21 angka. Juaranya direbut tim Chelyabinsk dengan 24 angka.

Untuk kelompok putra, Sean Winshand berada di peringkat tujuh dengan 6 angka. Poin yang direbut Sean sebetulnya sama dengan peringkat empat tetapi nilai tie-break menempatkannya di posisi tujuh. Juara kelompok putra adalah Albert Baigildin dari Rusia dengan 7 angka.

Pada kejuaraan catur junior di Rusia itu, Indonesia mengirim delapan pecatur berusia di bawah 16 tahun. Mereka adalah dua atlet Pelatnas SEA Games 2011 Chelsie, 16 tahun, dan MFW Medina, 15, ditambah enam juara junior Indonesia yang sebelumnya gagal berangkat ke World Chess School di Polandia, yaitu Sean (14 tahun), Azarya Jodi Setyaki (13), Vania Vindy Chandra (11), Nyimas Sonya Nafa (12), Dita Karenza (11) dan Ivan Maximillian Pasaribu (10).

Selain keenam atlet junior tersebut, juga ikut mendampingi dua atlet catur Pelatnas SEA Games MFW Dewi AA Citra dan GM Susanto Megaranto yang tengah berlatih bersama pelatih asing GM Ruslan Scherbakov yang berasal dari Chelyabinsk.

Susanto akan mengikuti Piala Dunia Catur yang akan berlangsung di Khanty-Mansyisk, Rusia, mulai 26 Agustus 2011. Susanto dapat mengikuti Piala Dunia Catur ini karena menjuarai babak kualifikasi Piala Dunia Catur Zona 3.3 Asia yang berlangsung di Tagaytay, Filipina, pada Mei 2011.

sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2011/08/23/16004558/Chelsie.Monica.Juara.di.Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar